Menjadi Berkat Bagi Sesama dan Memuliakan Tuhan|Tuesday, October 17, 2017
You are here: Home » Business » STOP BERBOHONG !

STOP BERBOHONG ! 




stop berbohong

stop berbohong

“Karena itu buanglah dusta dan berkata benar seorang   pada yang lain, karena kita adalah sesama anggota” Efesus 4 : 25

Sobat wanita……..

Pernahkah merasa kecewa karena dibohongi? Apalagi yang berbohong adalah orang-orang yang ada di dekat kita. Orang –orang yang seharusnya dapat kita percaya dan andalkan.

Kebanyakan kita sebagai wanita selalu menjadi tertuduh saat ingin membuktikan kebohongan itu. Bahkan ada beberapa tips dunia tentang kebohongan, berbohong itu tidak apa-apa demi kebaikan; berbohong sedikit tidak apa agar bisnis berhasil; bohong putih itu tidak masalah sebatas mempertahankan diri; kaum pria pun seringkali berbohong untuk menyenangkan pasangannya dan cenderung berbohong apabila kebenaran itu dapat menyakitkan pasangannya.

Kita dapat mendeteksi bahasa tubuh pasangan kita saat berbohong melalui gaya tubuh pada umumnya, namun tidak semua dapat disamakan ratakan :

-        Kecepatan berbicara  lebih dominan saat wanita mencari tahu sesuatu, ia akan cepat menjawab. Biasanya kaum pria lebih santai dalam merespon/ adanya jeda untuk menjawab pertanyaan, namun sekarang lebih cepat terkesan terburu-buru

-        Saat kita mencurigai sesuatu , maka ia akan menaikkan alis dan selalu memastikan untuk berkali- kali berkata “, Kamu percaya sama aku kan ?”

-        Memuji pada saat yang tidak tepat untuk mengalihkan pembicaraan dengan gugup

-        Memeras tangan tanda gugup atau tangan dilipat/disilangkan menunjukkan  sedang menyimpan sesuatu

Kebohongan itu terjadi karena motivasi tertentu atau disebabkan oleh kepribadian yang ingin lebih diperhatikan dalam berinteraksi  dengan orang lain, ada juga kebohongan yang mencari keuntungan bagi diri sendiri atau  untuk menyenangkan orang lain.

Namun,  Firman Tuhan menyatakan tidak ada alasan untuk dapat berdusta….memang itu tidak mudah dan mengandung banyak resiko dalam berinteraksi dengan orang lain. Percayalah ,bahwa ketika kita mau belajar untuk berserah dan mengandalkan Tuhan, maka kita akan mampu tidak berbohong. Jangan kuatir kita akan diberikan hikmat /cara lain untuk menyatakan hal kebenaran dan tidak menyakiti perasaan orang lain.

Bagaimanakah sikap kita sebagai wanita Kristen terhadap pasangan yang suka berbohong :

@ Tetap berpikir positif dan alihkan pada pembelaan Tuhan

@ Jangan menuduh ,tetapi semua keraguan itu harus beralasan dan berdasarkan bukti

@ Selalu introspeksi diri , jangan memiliki pemikiran negatif  karena masa lalu apakah kita takut dikhianati, atau ada trauma yang membuat kita selalu cemburu pada pasangan kita

@Apabila pasangan kita sering berbohong dan wanita tidak mempunyai masalah dengan rasa cemburu /curiga maka sebaiknya wanita mengajak diskusi dengan pasangan wanita secara dewasa. Bertanya dengan hikmat dan kasih ….alasan pasangan kita melakukan hal itu.

@Mengandalkan Tuhan dengan memperkatakan Firman Tuhan, doa, dan  perkataan positif setiap hari contoh : “ Saya wanita diberkati karena Tuhan sudah memberikan pasangan hidup yang setia, dan kemanapun dia melangkah dan di manapun ia berada selalu ada malaikatMu berjaga-jaga menjauhkannya dari setiap hal-hal negatif yang ada.’ Amin.