Menjadi Berkat Bagi Sesama dan Memuliakan Tuhan|Tuesday, December 12, 2017
You are here: Home » Uncategorized » GEREJA Masa Kini

GEREJA Masa Kini 




gereja masa kini

gereja masa kini

“Sebab dalam satu Roh kita semua baik orang Yahudi,  maupun Yunani, baik budak maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh, dan kita semua diberi minum dari satu roh”     1 Kor 12:13

Sobat wanita……

Beberapa anak muda sedang bergerombol berdiri di sisi jalan sambil berdiskusi. Saat itu, saya sedang berdiri di tempat yang sama karena menunggu teman yang akan ikut  beribadah di sebuah gereja yang jaraknya beberapa meter dari tempat saya berdiri.

Selintas saya mendengar diskusi anak-anak muda itu, mereka akan berpisah untuk mencari tempat ibadah karena berbeda selera….?

Selera ….? benarkah demikian ??? Ternyata akhir –akhir ini gereja bukanlah menjadi suatu tempat yang berarti dalam iman kekristenan, tetapi lebih pada tempat pertunjukkan dan hiburan semata. Seolah-olah pengunjung dapat memilih , datang dan pergi sesukanya, demi mencari acara yang memuaskan mereka. Ada pemahaman bahwa gereja yang penuh sesak dengan hadirin yang terpikat entah oleh sesuatu ;

-apakah dengan gedung yang ber-ac, bentuknya gedung lebih megah dan nyaman

-apakah karena pemimpin pujiannya bikin greget, keren, modis

-apakah  pengkotbahnya sangat memotivasi dan benar-benar memukau

-apakah tata lampu dan sound sistem mantap didengar

Semuanya  tidak salah , justru luar biasa…….  jika memang didukung oleh kesungguhan dari hati  jemaat untuk datang ke gereja karena taat, menghormati, dan membutuhkan Tuhan. Janganlah kita  memahami gereja  sebagai gedung, acara, pertunjukkan.

Kisah para rasul yang mengisahkan Rasul Petrus yang telah mengaku Yesus adalah anak Allah;  dan Tuhan mendirikan GerejaNya di atas dasar pengakuan imannya.

Gereja ada  ditentukan oleh;

Orang-orang yang mengaku percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Dan karena pertolongan Roh Kudus maka  pengakuan itu bertahan walaupun diterjang pelbagai tantangan, siksaan, penganiayaan, dan pembantaian, pembakaran , dll. Sekalipun  perkumpulan orang percaya itu dibatasi gerak dan ditolaknya ijin pendiriannya, namun karena jemaatnya  setia pada pengakuan iman dan Roh Kudus bekerja  maka  gereja semakin berkembang. Bandingkan perkembangan gereja itu.

Kesimpulan: faktor yang menentukan keberadaan gereja adalah adanya orang-orang yang hidup atas dasar iman kepada Yesus Kristus. Bukan karena kemegahan, kenyamanan lokasi, ataupun sistem sound / peralatan musik yang canggih,  teraturnya sistem organisasi semuanya itu sangat diperlukan, tetapi bukanlah yang utama.Yang membuat gereja itu tetap eksis adalah orang-orang setia dengan imannya dan karya Roh Kudus . Sehingga pada akhirnya orang tidak hanya mencari gereja sebagai tempat rutinitas ibadah, namun ikut dalam hidup bergereja.

Sebagai bukti sobat wanita mencintai Tuhan Yesus  sekaligus menunjukkan keberadaan wanita  dalam gereja; mulailah berdoa untuk gereja tempat sobat wanita bersekutu. Jadilah kudus dan terang  di manapun sobat wanita berada agar  banyak orang melihat ada kemuliaan Tuhan  yang akan menarik banyak  jiwa datang pada gereja Tuhan.

Tuhan Memberkati.