Uncategorized — June 11, 2013 1:30 am

KASIH ALASAN untuk SETIA

Posted by

“Dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah, tetap hidup selama-lamanya”

1 Yohanes 2:17

Wanita……

Kita semua sepakat bahwa kata “ kesetiaan “ itu kata yang paling disukai untuk didengar oleh para wanita. Karena kesetiaan itu mempunyai pengertian tentang sikap yang konsisten dan tetap pada tujuannya, atau lebih tepat taat sampai akhir.

Biasanya kita akan menemukan kesetiaan itu ada  dalam hubungan suami istri, kekasih, persahabatan, atau hubungan pribadi dengan Tuhan. Wanita, kita akan menelaah kesetiaan dalam hubungan antar sesama manusia.

Saat ini jelas sekali kesetiaan sangat mahal harganya, seseorang dapat menjadi tidak setia  karena banyak hal . Ada ungkapan yang memang berhubungan dengan situasi dan kondisi sekarang yaitu “ ada uang abang sayang, tidak ada uang abang kutendang.

Ini adalah ungkapan persahabatan yang  lebih pada mencari  keuntungan yang diperoleh untuk memuaskan diri sendiri .Sangat sulit saat ini untuk  mempercayai kesetiaan seseorang, apalagi jika kesetiaan hanya diucapkan.  Kita perlu mengujinya.

Wanita…. ada tiga indikator untuk menguji kesetiaan :

  1. Waktu. Berapa lamakah kita dapat setia pada suatu hal, akankah timbul kebosanan dan kejenuhan akan  satu hal yang mungkin rutin atau sama?
  2. Keadaaan . Bagaimanakah bila  keadaan semakin sulit akankah hati kita akan berubah?
  3. Jarak. Saat kita berdekatan tentu kita akan setia , tetapi jika berjauhan akankah kita dapat setia?

Contoh: wanita yang setia dalam kitab  perjanjian lama adalah Rut. Ketika Rut bertemu dengan Naomi dan suaminya yang merupakan orang yang cukup berada pada masanya. Namun, saat Rut telah menjadi menantu Naomi,  Rut justru kehilangan suaminya.  Naomi pun kehilangan suami dan anak lakinya. Hartanya pun lama kelamaan menipis juga. Rut pun diuji imannya ….dengan wajahnya yang cantik ia dapat saja meninggalkan mertuanya dan mencari pengganti suaminya yang meninggal. Namun, Rut memilih untuk tetap bersama Naomi yang sudah jatuh miskin.

Kesetiannya tidak hanya pada mertuanya , tetapi yang paling menonjol  Rut  hanya ingin selalu  bersama Tuhan Allah ( Rut1:16)

Sangat mudah untuk tetap setia kepada orang yang tinggi kedudukannya dan harta yang melimpah, sebaliknya sulit untuk setia kepada seseorang yang sudah jatuh miskin tak berdaya.

Mengapa Ruth tetap setia? Karena dasar kesetiaannya adalah : kasih. Kasih yang sama yang kita terima dari Allah Bapa  yaitu dalam Yohanes  3:16 ” Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anaknya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya padaNya tidak akan binasa, melainkan memperoleh hidup yang kekal” . Inilah kasih yang abadi.

Wanita…bila kita ingin disebut wanita yang setia  dalam persahabatan, keluarga, pelayanan, bahkan  berkenan di hadapan   Tuhan Alla,  mari…. ubahlah dasar kesetiaan dan ketaatan  kita dengan kasih. Pasti kita akan melakukan sesuatu dengan sukacita dan setia

“Kasih Tuhan Yesus  adalah alasan ….mengapa kita tetap dalam kesetiaan”

  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg

Leave a Reply

— required *

— required *