Menjadi Berkat Bagi Sesama dan Memuliakan Tuhan|Tuesday, December 12, 2017
You are here: Home » Uncategorized » Keadilan 1(kecerdasan moral)

Keadilan 1(kecerdasan moral) 




palu+keadilan

Keadilan1 ( kecerdasan moral )

Wanita wanita yang cantik dan tekun rajin membaca artikel webwanita tsb, apa kabar ?

Kali ini kita akan membaca dan merenungkan tentang kecerdasan moral bagian keadilan,

yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari

Kehidupan tanpa keadilan tidak akan bisa berjalan karena akan terjadi kesimpang siuran antar satu dengan yang lain. Keadilan menciptakan kondisi yang stabil dimana semua orang mendapatkan sama rata. Arti dari kata adil itu sendiri adalah tidak berat sebelah atau memihak pihak mana pun. Itulah arti adil dimana semua pihak mendapat bagian sama rata tanpa memihak pihak mana pun. Akan tetapi, di masyarakat kerap kali terjadi situasi di mana satu individu mengambil hak yang lebih tanpa melakukan kewajiban yang semestinya dilakukan. Hal ini bisa disebut sebagai pemerasan. Hak yang diambil tanpa melakukan kewajiban tidaklah imbang, maka ketidakseimbangan itu menjadikan hal tersebut tidak adil. Jika individu ingin mendapat hak maka sudah sewajarnya individu tersebut melakukan kewajibannya. Layaknya pegawai yang ingin mendapat kenaikan gaji, jika tidak disertai dengan menunaikan kewajibannya maka sudah sewajarnya pegawai tersebut tidak dapat kenaikan gaji. Hal ini sama halnya dengan bos perusahaan yang ingin menaikan keuntungan dengan meningkatkan kinerja pegawainya. Perlunya keseimbangan antara hak dan kewajiban, maka tercipta keseimbangan yang bisa kita katakan sebagai keadilan.

Keadilan dan ketidakadilan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia karena dalam hidupnya manusia menghadapi keadilan atau ketidakadilan setiap hari. oleh sebab itu keadilan dan ketidakadilan, menimbulkan daya kreativitas manusia. Maka dari itu keadilan sangat penting untuk kehidupan sehari – hari, karena akan mensejahterakan semua umat manusia.

Dasar negara Indonesia sendiri pun didasari dengan sila keadilan. Maka, kita sebagai warga negara Indonesia sendiri pun perlu menyadari hak dan kewajiban untuk menciptakan keadilan sosial dalam bermasyarakat. Setiap manusia berhak memperoleh keadilan, baik itu dari masyarakat maupun dari negara. Seperti yang tercantum dalam pancasila, sila ke-5 yang berbunyi : keadlian bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini sangat jelas bahwa seluruh rakyat indonesia berhak mendapat keadilan tanpa terkecuali. Tidak pandang bulu, entah itu pejabat, rakyat kecil, orang kaya atau miskin. Semua berhak mendapat keadilan yang merata, maka dari itu keadilan sangat berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Hak asasi manusia dianggap sebagai hak dasar yang sangat penting untuk dilindungi dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Agar terwujud dengan baik, maka perlu diberlakukan sanksi bagi siapa saja yang telah melanggar hak asasi manusia dan di sinilah peran hukum sangat dibutuhkan. Hukum adalah peraturan yang harus ditaati yang bersifat memaksa dan akan dikenakan sanksi bagi siapa saja yang melanggarnya. Tujuan hukum adalah memberikan keadilan kepada setiap orang. Semua manusia itu memiliki martabat yang sama, juga memiliki hak dan kewajiban yang sama pula.

Sikap-sikap yang perlu kita tumbuhkan dalam kehidupan keadilan sosial bermasyarakat adalah perbuatan yang baik dimana tercermin sifat kekeluargaan dan bahu membahu antar masyarakat. Kemudian adil terhadap sesama dan hormati hak-hak individu lain. Juga bantulah individu lain yang memerlukan pertolongan, karena mereka memerlukan pertolongan. Jika bisa menolong mereka, maka tolonglah akan tetapi hendaknya bijaklah dalam memberi pertolongan agar pertolongan yang kita beri tepat sasaran. Tumbuhkan sifat berani bersaing dimana kita mau bekerja keras sehingga kita bisa menjadi individu yang handal di dunia yang kompetitif ini, tetapi kita tetap perlu mengappresiasi hasil karya individu lain.

Maka dapat kita simpulkan agar terciptanya kehidupan yang adil sosial perlu keserasian antara hak dan kewajiban agar tercipta kehidupan yang harmonis, karena kehidupan seperti itulah yang diinginkan oleh setiap umat manusia. Setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban yang perlu dikerjakan bersama sama tanpa adanya berat sebelah yang artinya hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.

Salam peduli

By

Rina

 

link wa