Menjadi Berkat Bagi Sesama dan Memuliakan Tuhan|Tuesday, October 17, 2017
You are here: Home » Uncategorized » TOLERANSI 1 ( KECERDASAN MORAL )

TOLERANSI 1 ( KECERDASAN MORAL ) 




toler

TOLERANSI 1 ( KECERDASAN MORAL )

Pentingnya Toleransi di dalam Kehidupan

Wanita – wanita yang cantik, pekan ini kita belajar tentang TOLERANSI .
Sebelum kita bahas toleransi dalam kehidupan . Kita harus tahu arti dari kata toleransi itu sendiri
yang berarti kita tidak boleh mendiskriminasi satu sama lain di dalam konteks sosial, beribadah danbermasyarakat. Toleransi antar satu individu dengan yang lain bisa kita tunjukkan melalui menghormati opini individu lain dengan tidak mengganggu, menginterupsi atau pun melarang.

Dengan mampu menghargai pendapat orang lain, maka kita sudah menumbuhkan pribadi kita menjadi pribadi yang lebih baik disebabkan untuk bisa mentolerir perbedaan-perbedaan yang ada bukanlah hal yang mudah dan dengan mampu melakukannya maka diri kita dapat dibilang sudah menjadi pribadi yang lebih baik.

Pentingnya bertoleransi antar umat beragama. Andai tidak ada toleransi antar umat beragama,

maka dunia akan terus terjadi pertikaian dan kaum yang kecil makan tersiksa baik secara fisik maupun non fisik. Tidak tercapainya peradaban yang lebih baik seperti yang ada sekarang ini.

Teknologi-teknologi tersebut tidak akan ada disebabkan persilisihan-persilisihan yang terjadi antar umat beragama. Agama adalah hal yang penting, karena di dalam agama kita diajarkan untuk berbuat kebaikan dan mempercayai sesuatu yang lebih besar dan agung dari diri kita. Tanpa agama;

kehidupan tidak bisa berjalan baik karena kita tidak diajarkan mentoleransi secara dasar. Seperti di Cina dimana tidak adanya toleransi sampai-sampai bayi pun dimakan, balita ditabrak dan hewan peliharaan pun dimakan dengan sadis atau pun seperti di Korea Utara yang diajarkan untuk mempercayai pemimpinnya sebagai dewa. Hal inilah yang terjadi jika negara tersebut tidak mentolerir keberadaan agama dan hanya memuja satu hal, maka jangan sampai hal itu terjadi di Indonesia dan marilah bertoleransi antar agama yang satu dengan yang lain.

Era dimana kita hidup sekarang ini adalah era masa depan sebab teknologi-teknologi yang kita pakai sudah jauh melebihi apa yang kita bayangkan 5 tahun yang lalu. Mengapa teknologi bisa maju?

Sebab para peneliti mau terbuka dan mau menerima pendapat dan pemikiran-pemikiran yang berbeda sehingga teknologi bisa maju. Menerima dan terbuka inilah yang menjadi dasar dari sikap toleransi. Maka oleh karena itulah marilah kita sebagai manusia juga mau bertoleransi jangan sampai kita memiliki teknologi yang maju, tetapi diri kita sendiri masih primitif.

Toleransi Umat Beragama

Setelah membahas pentingnya bertoleransi antar umat beragama. Marilah kita lihat beberapa factor penyebab-penyebab terjadinya pertikaian antar umat beragama.

1.Perdebatan
Perdebatan antar umat beragama adalah hal yang umum akan tetapi yang disayangkan adalah terjadianya superior antar satu dengan yang lain atas dasar berbagai kepentingan antar kalangan satu dengan yang lain sehingga yang minoritas menjadi yang tertindas.
Perdebatan yang lain pun terjadi karena saling tidak paham antar satu dengan yang lain disebabkan perbedaan agama tersebut. Pengajaran setiap agama ada perbedaan dan hal itulah yang musti bisa kita tolerir dan pahami perbedaan yang ada dan saling menghargai dan menghormati perbedaan tersebut.

Belajar peduli adalah yang paling bahagia

Salam peduli

By
Rina